Honda Civic Type R, Penasaran Evolusinya?

4 Min Read
Honda Civic Type R.

Bridgeout.id – Selama lebih dari 30 tahun, Honda Type R telah menjadi simbol puncak performa tinggi dari pabrikan Jepang. Dimulai pada tahun 1992 dengan peluncuran NSX Type R di Jepang, badge “Type R” menandakan model Honda tercepat dan paling fokus pada pengalaman mengemudi. Menggabungkan pelajaran dari motorsport, Type R selalu menghadirkan teknologi inovatif dan kesenangan mengemudi tanpa kompromi.

Awal Perjalanan Type R di Eropa

Cerita Type R di Eropa dimulai pada 1997 dengan kehadiran DC2 Integra Type R. Merupakan coupe kompak yang langsung mendapat pujian atas performa dan handling-nya yang memikat. Kemudian, hadir Accord Type R yang pertama kali dikembangkan khusus untuk pasar Eropa. Keduanya dikenal dengan mesin naturally aspirated berputar tinggi, transmisi manual presisi, dan suspensi yang diolah dari pengalaman balap.

Namun, ikon global sebenarnya lahir dari Honda Civic Type R. Versi pertama diluncurkan di Jepang pada 1997 dengan mesin 1.8 liter bertenaga 185 hp. Eropa baru mendapat giliran pada 2001, namun respons pasar langsung positif, menjadikannya model hot hatch favorit banyak penggemar.

Baca Juga: Honda Uni-One, Solusi Mobilitas Pribadi Masa Depan Resmi Diluncurkan Mulai September 2025

Evolusi Honda Civic Type R

  • EP3 (2001-2005): Honda Civic Type R pertama di Eropa, diproduksi di Inggris, membawa mesin 2.0-liter DOHC i-VTEC ‘K20A’ dengan 200 hp. Dilengkapi rem lebih besar, transmisi manual 6-percepatan, serta suspensi canggih untuk pengalaman mengemudi yang tajam.

  • FD2 (2007-2011): Model ini hadir berbeda antara Jepang dan Eropa. Versi Eropa (FN2) menonjol dengan desain agresif, ruang interior lebih lapang, dan varian Mugen eksklusif dengan mesin 2.2 liter bertenaga 240 hp.

  • FK2 (2015-2017): Era turbo dimulai dengan mesin 2.0-liter turbocharged ‘K20C1’ yang menghasilkan 310 hp. Suspensi Dual Axis Strut dan limited-slip differential menghilangkan masalah torque steer, dan mode +R dibuat khusus untuk sirkuit Nürburgring, di mana FK2 mencatatkan rekor lap front-wheel drive.

  • FK8 (2017-2021): Versi ini membawa Honda Civic Type R ke level lebih tinggi dengan mesin 320 hp dan top speed 272 km/jam. Suspensi multi-link belakang, aerodinamika yang ditingkatkan, serta catatan rekor Nürburgring lebih cepat (7 menit 43,8 detik). Ada juga edisi terbatas Limited Edition yang lebih ringan dan lebih fokus pada pengemudi.

  • FL5 (2022-2025): Puncak evolusi Type R dengan tenaga 330 hp dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,4 detik. Suspensi dan steering semakin presisi, serta ban Michelin khusus menjadikan mobil ini paling cepat dan menyenangkan untuk dikendarai.

Kesuksesan Motorsport Honda Civic Type R

Tak hanya hebat di jalan raya, Honda Civic Type R juga tampil gemilang di lintasan balap. FK2 yang dipersiapkan oleh JAS Motorsport memenangkan World Touring Car Championship (WTCC) pada 2013. Model ini juga unggul di balapan ketahanan seperti Nürburgring 24 jam dan Fuji 24 jam.

Baca Juga: Toyota GR Yaris “Aero Performance Package” Siap Dijual

Di ajang TCR, Civic Type R FK2, FK8, dan FL5 menjadi mobil paling sukses dengan lebih dari 500 kemenangan, termasuk gelar juara dunia pabrikan dan berbagai gelar nasional di seluruh dunia.

Honda Civic Type R bukan sekadar mobil sport biasa, melainkan hasil perpaduan inovasi, pengalaman balap, dan fokus pada pengemudi sejati. Dari mesin berputar tinggi hingga teknologi turbocharged mutakhir, Civic Type R terus menetapkan standar baru untuk hot hatch yang terjangkau sekaligus praktis.

Dengan sejarah panjang dan pencapaian gemilang, tidak mengherankan jika Civic Type R tetap menjadi ikon performa tinggi yang dicintai penggemar otomotif global.

Sumber: HondaNews

Share This Article
Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *