Bridgeout.id – PT Astra Honda Motor (AHM) menunjukkan kepeduliannya terhadap keselamatan berkendara generasi muda. Kali ini dengan menggelar kampanye edukatif bertema “Di Jalan Fokus, Kuliah Mulus” sepanjang bulan September 2025.
Kegiatan ini melibatkan kolaborasi strategis bersama PT Jasa Raharja dan jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Sebanyak 4.894 mahasiswa dari 29 perguruan tinggi di berbagai provinsi ikut ambil bagian dalam kampanye yang dikemas secara interaktif. Mulai dari Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Sains dan Teknologi Jayapura di Papua. Kegiatan ini hadir di kampus-kampus sebagai bentuk nyata komitmen AHM dalam membangun budaya keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di kalangan mahasiswa.
Baca Juga: Honda ADV350 Punya Warna Baru
Edukasi, Diskusi, dan Aksi Nyata
Dalam kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan wawasan teoritis mengenai tata cara berkendara yang aman. Tetapi juga dibekali dengan keterampilan praktis oleh instruktur safety riding Honda.
Diskusi mendalam membahas faktor-faktor penyebab turunnya fokus saat berkendara, seperti kelelahan, emosi, hingga penggunaan gawai saat berkendara.
Selain itu, AHM menghadirkan perwakilan dari Kepolisian Republik Indonesia. Hal ini untuk memberikan data dan pemahaman tentang pentingnya kelengkapan surat-surat berkendara serta kepatuhan terhadap rambu lalu lintas.
Di sisi lain, PT Jasa Raharja turut berperan dengan memberikan edukasi tentang perlindungan asuransi bagi pengendara sepeda motor.
Hadiah dan Apresiasi untuk Partisipasi Aktif
Kampanye keselamatan berkendara ini juga dirancang menyenangkan dengan menghadirkan kuis-kuis berhadiah jutaan rupiah, mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam memahami pentingnya keselamatan di jalan raya.
Hingga bulan September 2025, AHM bersama jaringan main dealer-nya telah mengedukasi lebih dari 367.000 orang. Mereka dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga para pekerja, sebagai bagian dari gerakan nasional membangun budaya berkendara yang aman.
Baca Juga: Honda WN7, Motor Listrik Seharga Rp 290 Jutaan
Komitmen Mewujudkan Gaya Hidup Berkendara Aman
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, menegaskan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan budaya keselamatan di jalan.
“Kegiatan edukasi keselamatan berkendara yang interaktif bersama ribuan mahasiswa ini diharapkan dapat mewujudkan gaya hidup berkendara di jalan yang menyenangkan. Serta tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan bagi seluruh pengguna jalan,” ujar Andy.
Melalui program ini, Honda tidak hanya memperkuat posisi sebagai produsen sepeda motor. Tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang aktif menciptakan lingkungan berkendara yang lebih baik, dimulai dari dunia kampus.

