Bridgeout.id – Di tengah arus kendaraan yang didominasi oleh algoritma dan produksi massal, Italjet Motorcycles menghadirkan sebuah pernyataan seni yang kuat, Italjet Roadster.
Skuter terbaru ini bukanlah sekadar kendaraan, melainkan sebuah penghormatan terhadap masa keemasan desain Italia. Sebuah era ketika alat transportasi dianggap sebagai karya keindahan dan kecerdasan. Roadster muncul sebagai ekspresi tertinggi dari seni di atas dua roda.
Perpaduan Klasik dan Inovasi Kontemporer
Italjet Roadster berhasil memadukan garis-garis abadi dari masa lalu dengan teknologi paling mutakhir. Sejalan dengan filosofi inti Italjet yakni menyelaraskan kreativitas, performa, estetika, dan fungsionalitas.
Baca Juga: Kebaruan Memikat di Honda Forza 350
Skuter ini diposisikan sebagai reinterpretasi kontemporer dari skuter retro, diciptakan untuk memuaskan penggemar gaya abadi yang menolak berkompromi dengan inovasi. Ia menawarkan sensasi bahwa motor ini “tidak dibangun, melainkan dipahat” (non costruito, ma scolpito).
Jantung pacu untuk Roadster adalah mesin monocilindrico 394 cc berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 31 kW (41,5 hp) pada 7.500 rpm dan torsi 41,2 Nm pada 6.000 rpm.
Berat kering hanya 151 kg, Roadster mengklaim rasio bobot per tenaga kuda yang menjadi referensi di kategorinya. Performa high-end ini menegaskan bahwa skuter ini bukan hanya tampil indah, tetapi juga bertenaga.
Teknologi DLAS dan Komponen High-End
Inti teknologi dari Roadster adalah sistem DLAS (Dynamic Linkage Articulated Steering) yang dipatenkan oleh Italjet. Ini adalah inovasi front-end yang terinspirasi dari monobraccio milik model Dragster, namun dioptimalkan untuk keserbagunaan yang lebih besar.
DLAS meningkatkan presisi kemudi melalui mekanisme seperti gunting dua elemen, memungkinkan pengendara memilih antara pengaturan yang kaku dan sporty atau respons yang lebih lembut dan nyaman, menjamin akurasi menikung luar biasa tanpa mengorbankan kenyamanan.
Komponen yang digunakan pada Roadster adalah kelas premium. Dinding samping skuter, yang terinspirasi dari turbin jet tempur, secara fungsional mengintegrasikan saluran masuk udara radiator samping.
Mayoritas komponen eksternal dan strukturnya dibuat dari baja dan aluminium berkualitas tinggi. Dipadu penggunaan plastik yang minimal, memberikan kesan kokoh dan berharga.
Baca Juga: Honda Rebel 300, Motor Cruiser Punya E-Clutch
Setiap detail Roadster dirancang untuk menarik perhatian. Mulai dari pelek jari-jari aluminium, struktur aluminium terbuka di bawah jok yang terinspirasi dari saluran masuk mesin balap otomotif. Hingga sistem knalpot dual-output Akrapovič yang membingkai monoshock belakang sentral.
Italjet Roadster dijadwalkan tiba di pasar global paling lambat September 2026, dengan perkiraan harga indikatif € 7.500 (termasuk PPN).
Massimo Tartarini, Presiden dan CEO Italjet, menyatakan bahwa Italjet Roadster adalah buah dari penelitian berkelanjutan, hasrat otentik, dan kecerdasan inovatif, mewakili filosofi Italjet untuk “tidak mengikuti jalan yang telah dilalui, tetapi memiliki keberanian untuk menciptakan yang baru.”
Sumber: Italjet

