KTM 990 RC R, Beri Sensasi Motor Balap di Jalanan

4 Min Read
KTM 990 RC R. (Foto: KTM)

Bridgeout.id – Para penggemar kecepatan kini bisa bernapas lega. KTM secara resmi mengumumkan kehadiran motor terbaru mereka, KTM 990 RC R tahun 2026, yang siap mengubah persepsi segmen Supersport generasi terbaru.

Motor ini diposisikan sebagai “RC” berspesifikasi tinggi yang dirancang untuk memperluas sensasi di jalanan sekaligus mempertajam catatan waktu di lintasan balap.

KTM 990 RC R merupakan puncak dari lini RC, sebuah platform baru yang memadukan performa tinggi dengan ergonomi harian yang nyaman. Model ini menjadi jawaban dari riset bertahun-tahun dan data aerodinamika yang diambil langsung dari program RED BULL KTM FACTORY RACING MotoGP.

Baca Juga: Honda ADV350 Punya Warna Baru

“Di KTM, kami menyukai kehidupan yang bergerak cepat, dan KTM 990 RC R adalah motor yang sudah lama kami tunggu-tunggu untuk ditunjukkan,” kata Riaan Neveling, MANAGER KTM GLOBAL MARKETING.

Dirinya menyakini, kehadiran motor ini adalah penghubung kami dengan semua upaya proyek MotoGP. Dan, saluran kami untuk menyalurkan lautan informasi dan data yang masuk ke para ahli R&D Mattighofen.

Spesifikasi Balap dengan Kenyamanan Harian

Dirakit di Austria, 990 RC R mengemas mesin LC8c yang siap standar EURO5+ dengan output bertenaga 130 hp dan torsi 103 Nm dengan bobot mesin hanya 57 kg. Tenaga besar ini dikawinkan dengan sasis baja khusus (purpose-built) dan subframe aluminium die-cast yang memberikan stabilitas saat berakselerasi namun tetap lincah di tikungan.

DNA balap motor ini langsung terlihat melalui fitur-fitur teknisnya:

  • Pengereman High-Spec: Dilengkapi dengan rem Brembo HyPure 4-piston berdiameter 320 mm di depan.
  • Suspensi Balap: Menggunakan suspensi WP APEX yang disetel secara presisi untuk performa optimal.
  • Aerodinamika MotoGP: Seluruh bodywork dirancang melalui terowongan angin untuk menciptakan aerodinamika yang efisien. Membuat motor ini mampu “memotong angin” di kecepatan tinggi.

Meskipun memiliki spesifikasi balap, KTM merancang 990 RC R agar dapat digunakan sehari-hari. Posisi berkendara telah disesuaikan agar tetap ‘READY TO RACE’ tetapi nyaman untuk perjalanan yang lebih lama. Kontak ergonomi enam titik memberikan dukungan yang nyaman untuk lutut, lengan, dan tangan, ditambah footrest yang dapat diatur untuk mengakomodasi pengendara dengan tinggi berbeda. Praktikalitas ditingkatkan dengan tangki bahan bakar besar 16 liter.

Fitur Digital dan Mode Berkendara Lanjut

Kokpit 990 RC R dilengkapi dengan dasbor TFT 8,8 inci yang jernih, mengungkapkan berbagai mode berkendara standar: RAIN, STREET, SPORT, dan CUSTOM.

Bagi pengendara yang ingin lebih serius di lintasan, tersedia Mode Berkendara opsional: TRACK dan dua Mode CUSTOM tambahan. Fitur telemetri canggih tersedia, mencakup sudut kemiringan (lean angle) dan tingkat bukaan gas untuk akselerasi. Sistem ABS standar juga menawarkan empat mode: STREET, SPORT, SUPERMOTO+, dan SUPERMOTO ABS.

KTM 990 RC R TRACK: Versi Lintasan Murni

Komitmen KTM terhadap filosofi ‘READY TO RACE’ mencapai puncaknya dengan model 990 RC R TRACK. Versi murni untuk lintasan ini akan mulai diproduksi dan tersedia untuk dipesan pada awal Februari 2026.

Baca Juga: Husqvarna 701 Enduro dan 701 Supermoto, Pilih Mana?

Adapun 990 RC R TRACK jauh lebih dari sekadar konversi motor jalan raya. Model ini dilucuti dari komponen yang tidak perlu dan dilengkapi dengan esensial untuk penggunaan serius di lintasan, termasuk:

  • Dasbor minimalis dan elektronik khusus.
  • Penghapusan modulator ABS.
  • Saluran rem langsung (direct brake lines).
  • Gearbox yang dioptimalkan untuk lintasan.

KTM 990 RC R versi jalan raya akan mulai keluar dari jalur produksi pada Oktober 2025. Dan, tersedia dalam pilihan warna oranye dan hitam.

Dengan peluncuran 990 RC R, KTM bukan hanya mengisi celah di segmen Supersport mereka. Tetapi juga menetapkan standar baru untuk motor yang mampu menjadi pemenang di akhir pekan. Sekaligus menjadi teman yang nyaman untuk riding harian.

Sumber: KTM Press

Share This Article
Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *