Bridgeout.id – Di antara jajaran mobil produksi Porsche, 911 GT3 menjadi model yang paling sering digunakan pelanggan untuk track day. Melanjutkan tradisi tersebut, Porsche kini memperkenalkan Manthey Kit generasi terbaru, sebuah paket komponen performa tinggi yang posisinya berada di atas Weissach Package.
Paket ini dikembangkan bagi pemilik yang ingin menikmati performa maksimal di sirkuit, melalui peningkatan aerodinamika, suspensi, hingga sistem pengereman.
Hasilnya langsung terlihat ketika diuji di Nürburgring Nordschleife. 911 GT3 dengan Manthey Kit mencatat 6:52.981 menit, sekitar 2,8 detik lebih cepat dibanding generasi sebelumnya yang menggunakan paket serupa.
Kolaborasi Porsche dan Manthey: Fokus pada Aerodinamika dan Kecepatan Tikungan
Pengembangan Manthey Kit terbaru untuk 911 GT3 (992.2) dilakukan oleh Porsche Development Centre di Weissach bersama para insinyur Manthey di Meuspath. Tujuannya jelas: meningkatkan kecepatan menikung dan stabilitas pada kecepatan tinggi tanpa menambah drag.
Porsche menyebut seluruh pembaruan aerodinamika kini jauh lebih komprehensif.
- Underbody direvisi total dan kini menjadi elemen aerodinamis berkelanjutan.
- Turning vanes di underbody diperpanjang dari 1 meter menjadi 1,5 meter.
- Front lip diperbesar dan memanjang 12 mm ke depan.
- Front diffuser fins dan flaps pada sisi bodi memberikan tambahan tekanan ke front axle.
- Rear wing lebih lebar, memakai end plates baru, lengkap dengan Gurney flap.
- Rear diffuser membawa fins lebih panjang untuk meningkatkan grip tanpa menambah hambatan.
Tambahan penting lainnya adalah carbon-fibre aerodiscs pada roda belakang yang membantu menurunkan drag.
Hasil seluruh optimalisasi ini memunculkan angka luar biasa:
- 355 kg downforce pada 285 km/jam (road mode)
- 540 kg downforce pada 285 km/jam (circuit mode)
Circuit mode hanya boleh digunakan di lintasan dan tidak legal di jalan raya.
Suspensi Khusus Track: Adjustable Coilover Empat Arah
Bersama Manthey, Porsche merancang suspensi coilover empat arah dengan pengaturan yang dapat diatur tanpa alat tambahan. Spring rate meningkat 10% pada front axle, memberikan respons lebih baik saat mobil berada di batas grip.
Suspensi baru ini menawarkan:
- Grip mekanis lebih kuat
- Stabilitas meningkat saat melibas kerbs
- Korelasi optimal dengan tambahan downforce
Porsche juga menyediakan velg forged ringan berukuran 20 dan 21 inci yang memangkas enam kilogram unsprung mass. Warnanya terdiri dari Brilliant Silver, Neodyme, dan Black (silk gloss). Brake lines braided steel menjadi standar, sementara racing brake pads untuk PCCB tersedia sebagai pilihan.
Aksesori Manthey: Sentuhan Visual untuk 911 GT3
Pemilik yang ingin tampil lebih agresif dapat memilih berbagai aksesori:
- Carbon door sill berlogo Manthey yang menyala
- LED door projector bertuliskan Manthey
- Carbon aerodiscs dengan pilihan warna
- Tow straps (merah, kuning, hitam) untuk depan dan belakang
- Carbon fibre front air outlets
- Rear air intakes yang lebih ringan dan kuat
Beberapa komponen hanya legal untuk penggunaan sirkuit dan harus dilepas sebelum mobil kembali ke jalan umum.
Lebih Cepat di Nürburgring: 2,76 Detik Lebih Baik dari Generasi Sebelumnya
Nurburgring Nordschleife kembali menjadi tempat pembuktian performa Porsche. Dalam kondisi trek yang tidak sepenuhnya kering, Ayhancan Guven, juara DTM, berhasil mencatatkan waktu mengesankan 6:52.981 menit.
“Dengan Manthey Kit, 911 GT3 sekali lagi terasa jauh lebih baik saat bermanuver di tikungan sirkuit. Downforce yang meningkat secara signifikan dan suspensi yang telah dioptimalkan membuat mobil sangat mudah dikendalikan dan memberikan rasa percaya diri lebih besar bagi pengemudi. Sayangnya, catatan waktunya belum ideal karena kondisi cuaca musim gugur membuat beberapa bagian lintasan masih lembap dan licin kalau tidak, kami mungkin bisa memangkas beberapa detik lagi,” Guven menjelaskan,
Nicolas Raeder, Managing Director Manthey Racing GmbH, menambahkan, selama lebih dari satu tahun, dirinya bekerja sama dengan para insinyur Porsche untuk mengembangkan Manthey Kit terbaru untuk 911 GT3 dan melakukan banyak penyempurnaan detail di wind tunnel.
“Kami juga mengujinya selama beberapa ribu kilometer di berbagai sirkuit Eropa dan di Nürburgring Nordschleife. Karena kondisi lintasan cukup menantang di beberapa titik saat mencatatkan waktu resmi, kami berencana melakukan percobaan ulang tahun depan dalam cuaca yang lebih baik untuk menunjukkan potensi penuh dari Manthey Kit,” tutur dia.

